jurus-JURUS kungfu yang Terkenal

Daftar Jurus Kungfu Terkenal

Pada tahun 90an, layar kaca kita dihiasi oleh banyak film-film kungfu menarik. Di dalam setiap film kungfu tersebut tentu ada banyak jurus-jurus kungfu yang tak kalah menariknya. Postingan kali ini akan membahas jurus-jurus kungfu yang terdapat pada film-film kungfu-90an. Inilah daftar jurus kungfu tersebut.

Ilmu Peralihan Ulat Sutra/Ilmu Ulat Sutra
Ini adalah salah satu jurus kungfu yang ada dalam serial Pendekar Ulat Sutra. Pendekar yang menguasai jurus ini akan memiliki kemampuan memulihkan diri seperti ulat sutra : masuk ke dalam kepompong. Yun Fei Yang si Pendekar Ulat Sutra menguasai jurus ini sampai pada tingkat menyatu dengan alam semesta.


Ilmu Pedang Hati Gadis Suci
Jurus kungfu ini harus digunakan secara berpasangan supaya menghasilkan daya serang yang maksimal. Yo Ko dan gurunya, Siaw Liong Lie (Bibi Lung) sering menggunakan jurus ini untuk menghadapi Hakim Roda Mas. Konon, Li Mo Cao juga ingin mempelajari jurus ini bersama murid perempuannya.


Tapak Merindukan Kekasih
Ini adalah jurus andalan Yo Ko. Yo Ko mempelajari jurus ini setelah ditinggal oleh Bibi Lung selama 16 tahun. Yo Ko berhasil mengalahkan Hakim Roda Mas dengan jurus ini. Sayang, Hakim Roda Mas yang kalah justru memilih bunuh diri dengan ilmunya.


Ilmu Sembilan Bulan
Ilmu Sembilan Bulan berasal dari kitab Sembilan Bulan yang diperebutkan oleh 5 jagoan kungfu di Serial Pendekar Pemanah Rajawali. Pengemis Utara, Raja Selatan, Racun Barat, Sesat Timur dan Dewa Tengah bertarung di Gunung Hua San untuk memperebutkan kitab tersebut.  Konon orang yang berhasil menguasai ilmu ini bisa menguasai dunia persilatan.


Ilmu Sembilan Matahari
Ilmu Sembilan Matahari berlawanan dengan ilmu sembilan bulan. Bila ilmu sembilan bulan bersifat Yin, ilmu sembilan matahari bersifat Yang. Ilmu inilah yang menyelamatkan nyawa Tio Bu Ki setelah dirinya terkena jurus tapak dingin. Berbekal ilmu ini, Bu Ki yang terjebak di gua rahasia Aliran Ming berhasil mempelajari ilmu memindah langit dan bumi dalam waktu singkat.


Ilmu Memindah Langit dan Bumi
Ini adalah jurus kungfu rahasia Aliran Ming. Konon hanya ketua Aliran Ming yang boleh mempelajarinya. Menguasai jurus ini juga salah satu syarat untuk menjadi ketua Aliran Ming. Bu Ki yang tidak sengaja mempelajari jurus ini untuk keluar dari gua, mau tidak mau harus menjadi Ketua Aliran Ming. Bisa dikatakan ini adalah salah satu jurus kungfu terhebat diantara jurus-jurus kungfu yang ada. Dengan jurus ini, Bu Ki berhasil mengalahkan tetua Mie Jue (tetua Bia Coat) yang menggunakan Pedang Langit.


18 Tapak Penakluk Naga
Jurus ini adalah jurus pamungkas Ang Cit Kong, si Pengemis Utara. Ang Cit Kong menurunkan jurus ini kepada Kwee Ceng, setelah dibujuk oleh Oey Yong dengan masakan enak. Kwee Ceng yang bodoh harus berusaha keras untuk mempelajarinya, namun dengan keuletan dan kegigihannya, dia berhasil menguasai jurus ini.


Tongkat Memukul Anjing
Jurus ini juga merupakan jurus pamungkas Ang Cit Kong. Bila dia menurunkan jurus 18 tapak penakluk naga ke Kwee Ceng, Cit Kong menurunkan jurus ini ke Oey Yong. Nantinya, Oey Yong diangkat menjadi ketua partai Kaypang menggantikan Cit Kong. Seperti ilmu memindah langit dan bumi yang menjadi syarat utama untuk menjadi ketua Aliran Ming, jurus tongkat memukul anjing juga merupakan syarat utama untuk menjadi ketua Partai Kaypang.


Cakar Tulang Putih/Cengkeraman Tulang Putih
Jurus ini merupakan jurus yang ada dalam kitab sembilan bulan. Jurus ini dikuasai oleh Bwee Tiaw Hong dan suaminya Tan Tian Hong. Konon untuk menguasai jurus ini harus membunuh 100 orang (tumbal). Bwee Tiaw Hong menurunkan jurus ini ke muridnya : Yo Kang.